Warkop DKI Promosi Wisata Indonesia Lewat Film

Posted by

Seluruh film komedi Warkop DKI sudah mengocok perut jutaan orang Indonesia. Siapa duga dalam film itu terselip promosi beraneka tujuan wisata. Sebelum ada ‘Laskar Pelangi’ yang mengungkit Belitung, ataupun ‘5 CM’ yang mengungkit Semeru, berbagai film Warkop DKI telah menyajikan wajah destinasi Indonesia kala itu. Lokasi Puncak, Pantai Anyer dan Pelabuhan Ratu merupakan beberapa obyek yang tampak dalam film Dono, Kasino dan Indro. Indro Warkop bercengkrama santai dengan kami, sembari promosi film ‘Warkop DKI Reborn’. Indro Warkop mengatakan dahulu mereka memang sengaja mau menyajikan berbagai destinasi di Indonesia. Tersebut dilatari dari hobi personel Warkop DKI mendaki semasa kuliah.

“Warkop kan semua pecinta alam. Saya selalu ingin menyajikan gambar yang segar. Kita beri hijau (gunung-red) dan birunya laut. Sebab kita pecinta alam, kita ingin image yang alam bener. Masak penonton diberi asap knalpot,” kata Indro. Menurut Indro, penonton menyukai bila dikasih gambar panorama alam dalam film. Malah, view pantai lebih disukai daripada panorama gunung. Tetapi, syuting di obyek wisata merupakan tantangan tertentu untuk Warkop DKI.

“Kita sedari dulunya pengennya Bali dong, Yogya dong. Namun dulu itu faktornya sulit, tidak susah uang. Namun lantaran semua orang ingin nonton Warkop syuting,” jelasnya. Indro menyebutkan mereka sempat syuting di Jonggol, saat belum populer menjadi destinasi trekking, sepeda dan outdoor seperti sekarang. Selalu saja, minat orang untuk melihat dahsyat. Suasana sampai seperti pasar malam.

“Bunga orang hingga rusak, kan kita gak enak. Dari hanya keamanan petugas syuting hingga akhirnya meminta tolong Kodim sama Polres, untuk bantu jaga,” ungkapnya. Syuting di Dieng, Wonosobo kata Indro banyak juga, namun keadaan lebih terkendali. Wonosobo merupakan pengaturan ketika Dono jadi Slamet, anak juragan tembakau kaya raya di sinema Gengsi Dong. “Syuting di Pelabuhan Ratu pun susah, ada yang mau menyaksikan. Namun kalau syuting di hotelnya (Samudra Beach-red) aman. Namun kita kalau syuting hari biasa yang tak ramai,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.