Prosedur Registrasi Hak Merk

Posted by

Prosedur Registrasi Hak Merk Merupakan Salah Satu Hal Yang Bermanfaat Untuk Dikenal. Kebanyakan Orang Yang Masih Tidak Mengenal, apakah amat penting meregister hak merk itu? Jelas, jawabannya sungguh penting sekali. Dengan meregister hak merk Anda, maka aktivitas perdagangan barang maupun jasa bisa terlindungi dengan hukum sesuai UU Merk No. 15 tahun 2001. Dengan begitu akan hadir hak eksklusif untuk produk Anda di mana orang lain dicekal untuk memakai merk itu sebelum mendapatkan izin dari pemiliknya. Selain alasan tersebut, prosedur registrasi merk amat penting dibuat demi untuk menghindari dan melindungi merk yang kita memiliki dari pembajakan ataupun pemalsuan. Anda dapat memakai Sertifikat Merk untuk menjalankan gugatan dengan pidana ataupun perdata pada pihak yang sudah menyalahgunakan merk Anda tanpa izin lebih dulu. Untuk itu registrasi hak merk benar amat penting untuk dibuat.

Pendaftaran Merek

Sesudah merk Anda terregisterasi, maka secara otomatis akan memperoleh perlindungan hukum yang eksklusif selama 10 tahun sejak penerimaan merk. Untuk seterusnya setelah 10 tahun berjalan, maka Anda dapat memperpanjangnya lagi. Adapun syarat bagi pengajuan hak merk untuk memperpanjangnya ialah bahwa merk tengah dipakai beserta barang ataupun jasanya serasi dengan Sertifikat Merk sebelumnya yang telah tidak berlaku. Jadi intinya merk itu tengah diproduksi serta diperdagangkan. Sebagian orang pun meregister hak merk mereka dengan alasan sebagaimana berikut. Diantaranya ialah supaya dapat memperlihatkan kualitas produk ataupun jasanya, mendapatkan penjualan dan penguasaan pasar supaya tetap stabil, pembeda produk satu dengan yang lain, melindungi produk untuk menjauhkan tiruan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu terdapat pula manfaat pemakaian merk bagi mereka para konsumen ialah untuk mempermudah konsumen dalam mengidentifikasi dan mendapatkan produk itu syarat pendaftaran merek.

Prosedur registrasi hak merk bisa diajukan ke Kantor Dirjen Hak Kekayaan Intelektual. Akan tetapi untuk Anda yang menginginkannya supaya lebih mudah dan tidak banyak menguras waktu, jadi Anda boleh minta bantuan di Konsultan Hak Kekayaan Intelektual. Dengan memakai Konsultan Hak Kekayaan Intelektual itu, maka seseorang akan terbantu secara penuh di dalam proses pengajuan hak merk dagang ataupun jasa mereka. Anda bisa mendapatkan bantuan dengan penuh dan menyeluruh dimulai dari prosedur registrasi hak merk dagang di awalnya sampai akhir ketika sudah diterimanya Sertifikat Merk Dagang maupun Merk Jasa. Bayangkan apabila Anda punya produk yang tidak terregisterasi hak merknya, maka sanggup saja Anda menjumpai produk yang serupa dengan yang Anda punya, akan tetapi ia di banderol dengan budget yang lebih murah. Nah, hal itu tentu akan merugikan bukan? Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda patut menjalankan hal-hal sebagaimana berikut ini sebelum menjalankan pengajuan registrasi hak merk. Diantaranya, yang pertama ialah menjalankan penelusuran merk.

Hak Paten

Penelusuran merk ini amat bermanfaat untuk menjauhi adanya kemungkinan merk yang serupa dengan orang lain yang sudah mengantongi hak merknya, hingga tidak bisa terjadi penolakan. Namun sebelum memutuskan logo ataupun nama yang ingin dipakai yakinkan dulu nama ataupun logo itu tidak diregistrasikan oleh orang lain hingga akan menjauhi kemiripan. Anda dapat langsung menuju ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual maupun melalui websitenya. Berikutnya ketahuilah syarat apa saja yang diperlukan di dalam pengajuan hak merk itu. Yang pada umumnya berupa nama, alamat, kewarganegaraan, foto merk yang terlampir, daftar barang ataupun jasa yang akan diberikan merk, surat pernyataan kepemilikan, surat kuasa (dari pemohon kepada kuasa), salinan akta pendirian perusahaan dan anggaran dasarnya atau fotokopi yang sudah dilegalisir oleh notaris ( bagi perusahaan berbadan hukum). Ada pun fotokopi KTP berserta fotokopi NPWP.

Berikutnya untuk prosedur registrasi hak merk sendiri digolongkan jadi dua bagian. Yang pertama ialah pengajuan hak merk, kedua proses verifikasi Dirjen HKI. Untuk langkah pertamanya pemohon diharuskan untuk menyertakan formulir registrasi hak merk yang sudah diikutsertakan dengan segala persyaratannya. Misalnya surat keterangan UMKM, etiket merek, surat kuasa khusus, bukti pembayaran beserta penerimaan permintaan registrasi hak merk. Lalu bila dokumen sudah diterima oleh Dirjen HKI, jadi akan ada step berikutnya hingga Sertifikat Merk akan selesai dan diterima.

Hak Kekayaan Intelektual

Untuk prosedur registrasi merk itu kelak akan dilakukan 4 tahap pemeriksaan dokumen hingga ia diterbitkan. Yang pertama yaitu  pemeriksaan terhadap kelengkapan data. Bila ada kekurangan, maka boleh dilengkapi dalam jangka waktu 2 bulan sesudah dokumen diterima. Yang kedua ialah pemeriksaan substantif permohonan merk. Pemeriksaan ini meliputi apakah telah terregisterasi atau belum merk itu. Pemeriksaan substantif tersebut dibuat sampai 9 bulan paling lama. Yang seterusnya akan ada pengumuman persetujuan permohonan merk yang berjalan sampai 3 bulan. Selama 3 bulan tersebut pemohon dibolehkan mengajukan keberatan secara tertulis jika ada yang belum disetujui. Nah yang terakhir ialah pemeriksaan kembali.

Sesudah permohonan keberatan diterima dan dipertimbangkan oleh Dirjen HKI yang berjalan semasa 2 bulan maksimalnya. Sesudah beberapa proses terdebut dilewati, maka Dirjen HKI pun akan mengeluarkan dan menyerahkan Sertifikat Merknya kepada tiap pemohon maupun kuasanya dalam jangka waktu maksimal 30 hari. Pemberian Sertifikat Merk ini dihitung semenjak dari tanggal ketika diterimanya  permohonan untuk diregistrasikan ke dalam Daftar Umum Merk Dirjen HKI. Registrasi hak merk kepada Dirjen HKI bener-bener amatlah penting. Dengan memakai hak merk dari produk Anda, maka otomatis bisa menaikkan dan menciptakan bisnis yang Anda jalankan. Bukan cuma itu saja, Anda pun dapat mempertahankan bisnis itu dalam jangka panjang https://www.hakkekayaanintelektual.com/hubungi-kami/.

Leave a Reply

Your email address will not be published.