Wisata Semarang

Daripada Lelah Jalan Kaki, Mending Naik Bus Wisata Keliling Kota Lama Semarang

Posted by

Jalan-jalan naiksebuah bus wisata tentunya sangat mengasyikan. Bila Bandung mempunyai Bandros, Semarang di Jateng mempunyai Semarjawi. Bus tingkat tersebut siap menghantarkan wisatawan mengeksplor di Kota Lama Semarang. Seru! Semarang jadi salah satu kota di kepulauan Indonesia yang mempunyai bus wisata. Bus itu dinamakan Semarjawi. Bus dengan 2 tingkat yang sudah beroperasi semenjak bulan Maret 2015 lalu itu, siap bawa wisatawan berlibur di daerah Kota Lama dan sekelilingnyadengan jam operasional yang sudah ditentukan oleh pemenrintah setempat.

Wisata Semarang

“Itu (Semarjawi) dari Telkomsel dihibahkan kepada warga Semarang, digarap oleh swadaya. Baru tanggal 1 Maret 2015 kita resmi beroperasi. Desainernya dari asal dari Bandung, kalau gak salah itu desainnya meniru trem dari Eropa Timur,” ungkap Direktur Pemasaran Bus Semarjawi Rifaldi Angga, ketika berbincang bersama media ternama dari Indonesia milik swasta di Kota Lama, Semarang,. Jika di kota lainnya, bus wisata biasanya sengaja membawa wisatawan berkeliling kota. Akan tetapi karena armadanya baru disediakan satu, Semarjawi cuma membawa wisatawan tuk tur di daerah Kota Lama. Kawasan itu memang lumayan luas, jadi dengan menggunakan bus ini Anda tak perlu capek berjalan kaki.

“Startnya dari Taman Srigunting sebelah Gereja Blenduk. 3 titik stop di kantor pos, Marabunta serta Gereja Katolik Gedangan. Itu kan gereja Katolik awal di Semarang,” ujar Angga. Ia menerangkan bahwa tur Kota Lama naik Semarjawi berlangsung 40 menit. Traveler bisa berada di lantai 1 maupun 2, tapi yang menjadi favorit emang kursi di lantai 2. Karenanya, bagian atas bus tak diberi atap dan wisatawan bisa lebih bebas melihat pemandangan disekitarmkota lama semarang.

Selama perjalanan, ada salah seorang pemandu yang bakal bercerita mengenai sejarah beragam bangunan kuno di daerah Kota Lama. Semarjawi ini bakal berhenti sekitar 3 menit di 3 titik, yakni kantor pos, Gedung Marabunta yang dahulu dipakai untuk teater, dan gereja Katolik Gedangan. Pada saat bus berjalan, Anda tak diperbolehkan berdiri demi keamanan pribadi dan bersama. Tapi Anda boleh berdiri lalu ber-selfie ria dengan background 3 gedung historis itu ketika Semarjawi berhenti. So!, maksimalkanlah waktu itu tuk foto-foto.

Tur ini akan berakhir saat Anda balik lagi hingga Taman Srigunting. Sehabis tur usai, Anda dapat melanjutkan liburan dengan kongkow asyik di Taman Srigunting ataupun menikmati lezatnya sego kucing di Angkringan Blendoek di daerah taman. Semarjawi beroprasi tiap hari Selasa hingga Minggu, harga tiket Rp 10 ribu saat hari biasa lalu Rp 15.000 di akhir minggu. Hari Selasa hingga Minggu, bus beroperasi dari sore hingga malam. Sementara Sabtu dan Minggu jadwal tur jam 08.00 WIB pagi. Nah, bila sedang liburan di Semarang dan berminat tuk naik Semarjawi, ada baiknya Anda membooking tiket dengan online di semarjawi.com. Anda bisa pula beli tiket sendiri di Taman Srigunting 30 menit menjelang keberangkatan, namun biasanya kursi yang disediakan sudah habis dipesan denan online. Kalau ingin traveling eksklusif sekeluarga ataupun bersama teman kantor, Semarjawi pun bisa disewa. Bila disewa, Anda bisa memilih sendiri rute obyek wisata mana saja yang mau dilewati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.